Senin, 21 Februari 2011

Upin Ipin !!

Film Upin Ipin adalah salah satu film animasi terlaris di Indonesia saat ini.Film ini merupakan salah satu film animasi yang datang dari Malaysia dan dalam penayangannya film ini pun masih menggunakan bahasa Melayu.
Saya terbilang cukup sering menonton film ini.Itu dikarenakan keponakan saya yang masih 2 tahun sangat menyukainya dan saya pun menemani dia dalam menonton film ini.Dan film ini juga memberikan suatu petualangan dan pemahaman baru serta saya tidak bosan-bosan dalam menontonnya walaupun terkadanng filmnya sudah diulangi beberapa kali di layar kaca.
Kemarin dalam pelajaran Psikologi Pendidikan kami diajak untuk menonton Behind The Scene Film Upin Ipin dan Film yang berjudul : "Upin & Ipin Geng : Pengembaraan Bermula ".Film ini berdurasi 90 menit.Saat itu bukan lah pertama kalinya saya menonton Film Upin & Ipin Geng : Pengembaraan Bermula ",sebelumnya saya sudah pernah menontonnya.Namun,walaupun saya sudah beberapa kali menontonnya,saya tetap bisa menikmati dan merasakan suatu keterlibatan dari petualangan yanng sedang dilakukan oleh para tokoh.Menurut saya,film ini mengajarkan kita unutuk bisa bersatu dan bekerja sama serta tolong-menolong dengan sesama.Hal ini sangat baik ditonton oleh anak-anak,karena anak-anak bisa meniru tindakan dari para tokoh yang bersifat membangun.
Pernah saya terpikir bahwa pembuatan film ini tidak membutuhkan suatu usaha ekstra karena anggapan saya film itu hanyalah berupa film animasi.Ternyata pembuatan Film Upin & Ipin yang berdurasi 90 menit ini bukanlah melalui suatu tahapan yang mudah.Setelah saya menonton Behind The Scene-nya,ternyata film ini membutuhkan suatu kerja keras yang sangat besar dan penggunaan dari teknologi-teknologi yang maju seperti Komputer.Banyak alat canggih lainnya yang digunakan dalam menciptakan suatu film.
Menurut saya,jika saya kaitkan dengan Psikologi Pendidikan film ini sangat bagus karena dalam pembuatan film ini saja para pembuat filmnya sudah mampu menguasai berbagai kecanggihan teknologi seperti komputer dan lain-lain.Dan adanya suatu proses dimana dalam proses mendidik (melalui film) telah diperkenalkan suatu kecanggihan teknologi.Hal ini terbukti dari,ada cerita dalam film Upin-Ipin yang pernah memperkenalkan istilah dan penggunaan Internet pada anak-anak.Sebagaimana kita ketahui bahwa Pendidikan itu akan semakin berkembang jika didukung oleh teknologi.Jadi menurut saya,Film Upin-Ipin memberikan suatu pencerahan dan pengajaran pada anak-anak dalam bidang pendidikan.

1 komentar:

  1. upin ipin n epin,,,,
    hehehehehee.....

    hanya sekedar ingin menanggapi n mnambahi,,,
    saya sangat setuju jika dikatakan bahwa Film2 seperti itu dapat memberikan pencerahan dan pengajaran dlm bdang pendiidkan..
    bukan hanya itu,film kartun jg dpt merangsang maupun mngasah kreativitas dan imajinasi seorng anak.Film2 seprti tu pn dapat mengajari anak2 dlam beretika..

    :)

    BalasHapus