Senin, 28 Februari 2011

Mengapa Perencanaan Instruksional itu diperlukan dalam Suatu Pengajaran?

Perencanaan merupakan suatu hal yang sangat dibutuhkan dalam melaksanakan segala tindakan.Perencanaan yang baik biasanya akan memberikan suatu hasil yang baik pula.Sering dikatakan jika orang gagal membuat rencana maka dia merencanakan kegagalan.Perencanaan merupakan suatu patokan atau langkah-langkah yang akan dilakukan untuk mencapai suatu tujuan.
Perencanaan itu juga dibutuhkan dalam pengajaran.Perencanaan merupakan aspek penting untuk menjadi guru yang berkompeten (Parkay dan Mass,2000).Seorang guru harus memiliki suatu perencanaan dalam mengajar yaitu berisi suatu gambaran seperti apa dan bagaimana guru itu akan mengajar.DEalam bidang pendidikan,diperkenalkan sebuah istilah yaitu Perencanaan Instruksional.Perencanaan Instruksional adalah pengembangan atau penyusunan stategi sistematik dan tertata untuk merencanakan pelajaran.
Lalu,seberapa pentingkah pembuatan Perencanaan Instruksional itu dalam mengajar?
Terkadang,pembuatan suatu perencanaan memberatkan beberapa guru yaitu mereka diharuskan untuk membuat rencana mengajar dan itu cukup memakan waktu yang banyak.Namun ternyata,pembuatan Perencanaan Instruksional itu sangat banyak memberikan keuntungan dan dampak positif baik bagi guru maupun murid-muridnya.Dampak positif itu antara lain : guru bisa meningkatkan rasa percaya diri mereka dalam mengajar artinya guru akan lebih yakin untuk mengajar karena telah membuat suatu prosedur atau perencanaan akan materi-materi yang akan disampaikannya.Kemudian,membantu untuk memasukkan topik-topik yang amat penting,guru juga mampu memaksimalkan waktu selama mengajar di kelas artinya akan tercipta suatu proses pengajaran yang lebih terarah dan akan jarang dijumpai tumpang tindih materi pelajaran karena semuanya telah diatuir terlebih dahulu.Selain itu,pembuatan Perencanaan Instruksional juga memberikan suatu keuntungan yaitu ketika guru yang bersangkutan berhalangan untuk hadir di kelas sebagaimana biasanya maka guru pengganti tetap akan bisa melanjutkan pengajaran yaitu dengan menggunakan Perencanaan Instruksional dari guru tersebut , sehingga prosses belajar-mengajar tidak terhalangi.


Sumber:
Santrock,J.W. (2008) . Psikologi Pendidikan (Edisi Kedua) .Jakarta : Prenada Media Group.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar