Selasa, 15 Februari 2011

Pendapat Kelompok Tentang Email dan Blog dalam Dunia Pendidikan

Deepraj Kaur Sandhu 10-051
Anggun RS Sitanggang 10-075
Riana Octhaviany 10-079


Bagaimana pandangan dan penilaian anda tentang kewajiban setiap mahasiswa yang mengikuti mk.psikologi pendidikan 3sks ta. 2010/2011harus memiliki email dan blog ditinjau dari uraian psikologi pendidikan dan fenomena pendidikan di Indonesia, Medan khususnya ?

Menurut pendapat kami, penggunan blog dan email sebagai fasilitas pendidikan telah sesuai dengan fenomena psikologi pendidikan karena penggunaan email dan blog merupakan pengaplikasian dari program teknologi (internet). Sebab mutu pendidikan akan lebih baik jika di fasilitasi dengan teknologi. Penggunaan blog dan email dalam proses belajar juga sangat baik dan penting. Dengan adnya email dan blog kita jadi lebih mudah untuk menyelesaikan tugas-tugas. yang diberikan oleh pengajar. Disamping itu, dengan menggunakan email dan blog dalam mengumpulkan tugas juga dapat mengurangi penggunaan kertas yang berlebihan. Proses pembelajaran dalam menggunakan email dan blog dalam belajar khususnya dalam mata kuliah psikologi pendidikan menjadi lebih menarik dan asyik. Kita menjadi lebih aktif untuk mencari bahan-bahan ataupun sumber-sumber pelajaran dalam menggunakan internet.

Di Indonesia sistem belajar-mengajar dengan menggunakan teknologi seperti email atau blog mulai diberlakukan tidak hanya di perguruan tinggi melainkan di sekolah-sekolah. Sudah cukup banyak sekolah-sekolah yang menerapkan sistem belajar e-learning seperti di Jakarta. Penggunaan teknologi dalam proses belajar mengajar di dunia pendidikan sangat berpengaruh. Kita menjadi lebih terbiasa untuk menggunakan teknologi seperti internet.. Sedangkan untuk di Medan, penggunaan teknologi dalam proses belajar mengajar masih belum begitu diterapkan. Masih banyak sekolah-sekolah yang belum menerapkan sistem belajar e-learning.

sumber :
Munir.(2008). kurikulum berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Bandung : Alfabeta
Santrock,J.W. (2008). psikologi pendidikan (edisi kedua). Jakarta : Prenada Media Grroup

Tidak ada komentar:

Posting Komentar