Selasa, 01 Februari 2011

Apakah Kurikulum Berbasis Kompetensi merupakan kurikulum yang menerapkan prinsip konstruktivisme?

Jawaban:
Prinsip konstruktivisme adalah pendekatan pembelajaran yang menekankan agar individu (murid) berperan secara aktif membangun pemahaman dan pengetahuan.Prinsip inti dari filsafat pendidikan William James dan John Dewey.W.James merekomendasikan kepada para pengajar agar memberikan suatu pengajaran atau pembelajaran dari materi yang berlevel lebih tinggi yaitu di atas tingkat kemampuan murid dengan tujuan agar anak memperoleh wawasan pengetahuan yang lebih luas.John Dewey merekomendasikan agar pendidikan difokuskan kepada anak-anak yang artinya pengajar hanyalah sebagai fasilitator mereka saja.Tujuan dari Dewey adalah agar setiap anak dapat berperan sebagai pembelajar yang aktif,mampu meningkatkan kemampuannya untuk beradaptasi dengan lingkungan sendiri.
Prinsip konstruktivisme menuntun agar murid dapat berperan aktif dalam menyusun dan membangun pengetahuan dan pemahamannya,guru tidak hanya berperan sebagai pemberi informasi kepada muridnya tetapi mendorong murid untuk mengeksplorasi dunia mereka,mencari pengetahuan yang dibutuhkan mereka,dan mampu berpikir kritis,serta murid-murid juga dituntun untuk mampu bekerja sama dalam memahami pelajarannya.
Dalam pembelajaran dibutuhkan suatu program untuk mencapai suatu tujuan pendidikan.Hal itu disebut dengan Kurikulum.Kurikulum  itulah yang menjadi gambaran atau perencanaan bagaimana suatu pendidikan itu dilaksanakan.Pada saat ini kurikulum yang hampir digunakan oleh semua perguruan tinggi adalah Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK).Kurikulum ini merupakan kurikulum dimana bertujuan untuk menciptakan sumber daya manusia yang berkompeten dan mampu bergelut di dunia pekerjaan.Sistem pembelajaran pada KBK adalah Student Centered Learning (SCL).Pembelajaran dipusatkan pada murid-murid.Murid dibekali akan suatu kemampuan untuk berkembang secara mandiri,memperluas wawasan pengetahuanya sendiri,dan mampu bertanggung jawab serta memenuhi kebutuhan masyarakat melalui kemampuan yang dimilikinya.
Berdasarkan tujuan dari Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) maka dijumpai adanya unsur dari prinsip konstruktivisme yaitu membekali murid untuk mampu berkembang secara mandiri dan pengajar hanyalah sebagai penuntun / fasilitator dari murid-murid.Pembelajaran tetap dipusatkan pada murid.
Jadi,dapat disimpulkan bahwa Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) telah menerapkan Prinsip Konstruktivisme dalam pelaksanaannya.

Sumber:
Psikologi Pendidikan,Edisi Kedua.John W. Santrock

Tidak ada komentar:

Posting Komentar