Membuat sebuah kelompok belajar telah menjadi suatu hal yang biasa bagi kita.Hampir di seluruh mata kuliah kita telah memiliki kelompok belajar.Dalam kelompok belajar kita itu jugalah kita dituntut untuk mampu berbagi,bekerja sama,dan menuntaskan materi pelajaran kita.Efektivitas dari kelompok belajar kita itu jugalah yang menentukan nilai dari kita.Tapi terkadang ada saja penghalang atau gangguan dalam kelompok belajar kita itu yangb membuat efektivitas dari kelompok itu berkurang.
Lalu,bagaimanakah cara mengatasinya??
Pembelajaran yang menggunakan kelompok belajar ini merupakan suatu sistem pembelajaran yang disebut Pembelajaran Kooperatif.Pembelajaran kooperatif ini hanya terjadi jika beberapa murid bekerja sama menyelesaikan tugas dalam suatu kelompok kecil.Pembentukan kelompok ini betujuan untuk saling membantu dalam belajar.Dalam kelompok belajar dibutuhkan suatu kerja sama yang baik dan sikap yang saling mendukung.
Para periset mengatakan bahwa Pembelajaran Kooperatif dapat menjadi suatu strategi yang efektif untuk meningkatkan prestasi.Menurut Slavin (1995),suatu kelompok belajar akan sem,akin efektif jika memenuhi syarat :
1.Disediakan penghargaan kepada kelompok
Kepada setiap anggota kelompok diberikan suatu penghargaan berupa pujian akan hasil kerja mereka.Hal ini bertujuan agar sertiap anggota kelompok menyadari bahwa hasil kerja kelompok itu bukan hanya untuk satu orang saja namun kepada semua anggota kelompok.Dan dengan menyadari hal itu,maka setiap anggota kelompok akan bisa menberikan hasil kerja yang baik bahkan lebih baik lagi daripada hasil kerja sebelumnya.
2.Individu diminta pertanggungjawaban
Dalam suatu kelompok belajar sangat sering dijumpai adanya individu yang tidak ikut bekerja sama dalam kelompok itu.Hanya beberapa orang saja yang dituntut untuk menyelesaikan tugas tersebut.Untuk mengatasi hal ini,maka ada baiknya jika setiap anggota kelompok diberi tanggung jawab yaitu melalui pembagian tugas.Dengan demikian,semua anggota kelompok akan ikut berperan serta dalam menyelesaikan tugas itu dan akan tercipta suatu kerja sama yang baik.
Jadi dengan demikian efektivitas kelompok kerja itu bisa ditingkatkan.
Sumber:
Santrock,J.W. (2008) . Psikologi Pendidikan (Edisi Kedua) .Jakarta : Prenada Media Group.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar